Monday, September 18, 2017

Radang Tenggorokan Dapat Disembuhkan Jika Berkumur Menggunakan Bahan Ini


Tipsemak - Saat menderita radang tenggorokan tentunya sangat menyiksa dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Radang tenggorokan akan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, rasa sakit menelan, baik menelan ludah maupun makanan dan minuman.

Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat sering ditemukan di masyarakat dan dapat dialami oleh siapa saja dari bayi sampai orang lanjut usia. Namun, beberapa orang seperti perokok, anak-anak, mereka yang menderita alergi dan mereka dengan sistem kekebalan yang lemah lebih beresiko untuk terkena radang tenggorokan.


Dalam istilah kedokteran, radang tenggorokan disebut faringitis, yaitu diartikan sebagai peradangan yang terjadi pada bagian faring.

Faring merupakan daerah yang terletak pada bagian belakang tenggorokan, meliputi sepertiga belakang lidah, langit-langit mulut bagian belakang, tonsil atau amandel.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang mudah terkena radang tenggorokan, namun penyebab yang paling umum ditemukan adalah virus atau bakteri.

Penyebab radang tenggorokan lainnya antara lain, alergi, iritasi dan kekeringan pada tenggorokan. Pada banyak kasus, radang tenggorokan yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya, namun radang tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri biasanya membutuhkan perawatan medis atau dengan antibiotik.

Sebenarnya ada cara mengobati radang tenggorokan yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter, yaitu dengan mengunakan obat alami radang tenggorokan.

Namun perlu dicatat bahwa penggunaannya ditujukan untuk radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh virus dan lainnya, bukan radang berat yang disebabkan oleh bakteri, karena mau tidak mau harus menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, mengingat bahaya komplikasinya.

Nah, cara mengobati radang tenggorokan secara alami tanpa harus ke dokter adalah dengan menggunakan air hangat dan garam.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat adalah pengobatan alami cara lama untuk meringankan radang tenggorokan. Meskipun cara mengobati radang tenggorokan ini tidak langsung menyembuhkan tetapi bisa mengurangi iritasi dengan cara mengembalikan kadar pH di tenggorokan.

Air garam hangat meringankan radang tenggorokan karena garam berperan sebagai pembersih yang menghilangkan lendir yang berlebihan. Sedangkan air hangat meningkatkan aliran darah ke bagian tenggorokan yang teriritasi dan dapat mempercepat proses pemulihan.

Cara membuatnya:

  • Sediakan air hangat satu gelas ( 240 ml )
  • Tambahkan ¼ sampai ½ sendok teh garam, campur keduanya lalu aduk sampai rata.
  • Berkumurlah sekitar 30-60 detik, dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan (hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran nafas).
  • Disarankan melakukannya tiga kali dalam sehari.

Ketika air garam masuk di tenggorokan, larutan tersebut membantu menetralisir asam di tenggorokan dan memulihkan keseimbangan pH alami yang telah rusak akibat radang tenggorokan.

Dengan melakukan ini, sensasi terbakar hilang dan iritasi di membran mukosa berkurang, yang dapat mempercepat penyembuhan.

Selain menetralkan asam, berkumur dengan air garam membantu membersihkan lendir yang berlebih dan tidak diinginkan serta meningkatkan aliran darah ke tenggorokan. Pembuluh kapiler menjadi besar, yang membuat sel-sel yang melawan infeksi bersikulasi lebih cepat.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Back To Top