Sunday, October 1, 2017

Ibu-ibu Harus Tau! Keluarkan Nasi Setelah Matang dari Rice Cooker, Kalau Lebih dari 12 jam Menjadi Pemicu Diabetes!


Tipsemak - Bagi kebanyakan orang, makan nasi dalam keadaan hangat memang akan terasa lebih nikmat.

Tapi, nasi hangat yang dipanaskan terus-menerus di dalam rice cooker atau magic jar ternyata bisa memicu diabetes.

Dampak berbahaya tersebut ternyata diakibatkan oleh rusaknya struktur nasi akibat pemanasan dalam waktu lama di rice cooker. Hal tersebut yang membuat gula di dalam nasi semakin mudah dipecah tubuh. Inilah yang menyebabkan nasi yang terlalu lama di dalam rice cooker bisa menyebabkan diabetes.


Nasi yang dipanaskan dalam waktu lama memiliki indeks glikemik lebih tinggi.

Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang, sebaiknya Anda segera mengeluarkan nasi tersebut dari rice cooker dan dipindahkan saja ke tempat nasi.

Suhu rice cooker biasanya bisa mencapai hingga 60 derajat celcius. Sehingga, saat dikonsumsi, tubuh akan dengan cepat menyerap gula dan membuat gula darah menjadi naik.

Semakin lembek nasi, indeks glikemiknya memang tinggi karena gula mudah dipecah. Ini juga bisa membuat orang cepat lapar dan akhirnya makan dalam waktu berdekatan.

Nasi yang baik adalah nasi yang dimakan saat sudah dingin, bukan nasi hangat. Karena nasi dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah.

Inilah mengapa sekarang banyak anak menderita diabetes. Karena mereka terbiasa makan nasi hangat dari rice cooker. Beda dengan orang zaman dahulu yang dimasak di langseng kemudian jika sudah matang akan diletakkan di tempat nasi. Dengan demikian nasi tidak terus menerus dihangatkan.

Nasi yang dimasak di rice cooker sebaiknya dikonsumsi dan dihabiskan untuk satu kali makan. Terlebih, tidak direkomendasikan untuk konsumsi nasi yang sudah dipanaskan di rice cooker dalam waktu lebih dari satu hari.

Tolong bagikan info ini ke teman kerabat, dan keluarga Anda.

Back To Top